Sabtu, 01 Maret 2014

Angsa Ternak Unggas Unik dan Menarik.


Angsa (Geese) adalah salah satu hewan ternak jenis unggas yang paling unik dan menarik. Hewan ini sangat menarik berbeda dengan unggas lainnya dimana angsa ini sangat setia dengan pasangannya, untuk  angsa liar di sebut hewan Monogami yaitu dalam perkawinannya hanya satu pasangan tidak ganti-ganti seperti halnya ayam atau entok. Tetapi untuk sekarang angsa bisa kawin lebih dari satu pasangan atau Poligami karena sudah ada proses penjinakan (Domestikasi). Selain itu angsa juga digunakan sebagai symbol dalam pernikahan. Banyak orang menggunakan gambar angsa dalam pembuatan undangan, namun ada juga yang menggunakan gambar burung merpati. 

Sumber gambar : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEieVKwdUq5EUMMl9-zhYoM56Fz-4NytX_R1MSZx-i8A70JKSaER0qIQlSE8636iT06bBfk_qW9xt4jeUnLmjxpqri3URuZGJJm4j8UP7owpl6GintVJfCuzkgLRWtmHIyBWET4wwrhCFl05/s320/angsa4pgsmc5.jpg

Di berbagai negara dan wilayah, pemanfaatan angsa beraneka ragam. Di Cina, angsa digunakan oleh orang tua sebagai hadiah bagi anaknya yang baru menikah, mereka menganggap bahwa angsa adalah perlambang kesuburan dan kesetiaan. Orang-orang yang tinggal di belahan bumi utara (di daerah bersalju) pada awal peradaban mereka, bulu-bulu angsa digunakan sebagai alas tempat tidur sehingga mereka dapat merasakan kehangatan. Selain sebagai pengisi bantal atau kasur, bulu angsa juga digunakan sebagai alat untuk  menulis pada saat itu menggantikan pulpen tentunya. Lemak yang berasal dari angsa pun digunakan untuk menggosok sepatu mereka. Angsa juga berbeda dengan unggas lainny dalam makan bila unggas lain dapat memakan biji-bijian, lain halnya dengan angsa. Angsa tidak memakan biji-bijian hanya memakan hijauan. Daya adaptasi angsa juga tinggi, dikondisi yang tidak memungkinkan angsa dapat merawat dirinya sendiri. Meski angsa suka sekali berenang dalam kolam, danau, atau rawa-rawa, tetapi untuk bertahan hidup angsa dapat memanfaatkan reruputan dan gulma yang hidup dimana saja. 

Angsa mempunyai kemampuan untuk membersihkan rerumputan yang merupakan gulma bagi tanaman pokok sehingga angsa dijuluki sebagai weeder geese. Selain dimanfaatkan sebagai agen biologis yang dapat membersihkan gulma. Angsa juga digunakan sebagai penjaga dapat menggantikan peran anjing. Hal ini dikarenakan, angsa mempunyai kebiasaan untuk berteriak kalau ada hewan atau orang asing mendekati wilayahnya. Pemanfaatan angsa seperti ini banyak dilakukan oleh penduduk Amerika untuk merawat kebun-kebun strabery mereka dari gulma dan menjaganya agar tidak terjadi pencurian.



Dipost oleh : Lukman (1303055199)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar